Saturday, September 22, 2012

Pemancar Radio FM

pemancar radio fm

Sirkuit pesawat radio ada 2 bagian penting yaitu pesawat pemancar dan pesawat penerima. fungsi dari pemancar radio ialah sebagai penghasil sinyal informasi dan sinyal pembawa dijadikan gelombang radio, sedangkan fungsi pesawat penerima yaitu untuk mengubah gelombang radio menjadi sinyal informasi yang dapat kita dengarkan. jadi kira kira berapa banyak stasiun pemancar yang ada di sekitar daerah anda saat ini? tentu banyak karena radio kita biasa mempunyai banyak chanel yang ada, bisa di dengar lewat radio kesayangan kita. 
PEMANCAR RADIO
Pada dasarnya pesawat pemancar radio adalah merupakan rangkaian komponen elektronika seperti: resistor, kondensator, transistor,trafo,ic, dan lain lain. bisa kita lihat pada skema gambar berikut ini :

pemancar radio fm rakit
berikut Gambar rangkaian pemancar radio fm sederhana
Rangkaian pada pemancar radio fm diatas merupakan salah satu rangkaian pemancar radio yang cukup sederhana dan mudah dibuat. Jarak pancar yang bisa dijangkau adalah berkisar 2 km. Rangkaian diatas menggunakan transistor dan tidak satupun menggunakan IC sehingga cukup murah untuk dijadikan percobaan. Power supply yang dibutuhkan antara 9 volt sampai dengan 24 volt, pada catu 24 volt rangkaian pemancar ini mencapai daya pancar maksimal.
Prinsip kerja rangkaian pemancar fm ini sebenarnya sama dengan rangkaian pemancar fm pada umumnya. Sinyal input atau sinyal informasi diperkuat terlebih dahulu sebelum dicampur dan dipancarkan. Transistor Q1 dan Q2 berfungsi dalam bidang pengaturan dan penguatan sinyal input. R9 yang terhubung dengan emitor Q2 berguna untuk mengatur nilai gain atau penguatan sinyal input. Transistor Q3 merupakan tempat modulasi berlangsung, dimana sinyal frekuensi tinggi dan sinyal informasi dicampur dengan metode frekuensi modulasi yang kemudian akan dipancarkan oleh antena. Untuk mengatur frekuensi pancaran tergantung pada nilai C9.
rangkaian tersebut tergolong cukup ringan : untuk pemancar radio fm siap pakai bisa di lihat di markaspemancar.com
hasil pencarian di google : tentang  pemancar radio fm rakitan :

pemancar radio fm rakitan



Saiful RizalPosted By Saiful Rizal

Terima Kasih Atas Kunjungan anda sudi kiranya anda memberikan komentar yang positif bagi saya tentunya contact me

Thank You


0 Responses So Far:

Post a Comment

VOICE OF AMERICA

Portal Berita Resmi Pemerintah Kota Depok